Wordpress Vs Blogspot/Blogger Mana yang Harus Dipilih ?


Blogger.com VS Wordpress. Pada tahun 2020, jumlah blogger di Amerika Serikat diperkirakan akan menempuh 31,7 juta. Sebab jumlah ini terus meningkat, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda bisa berkompetisi di pasar yang kian padat ini. Salah satu caranya yaitu dengan memilih platform yang pas. Dikala menentukan untuk mengawali blog, Anda seharusnya menetapkan profit menerapkan platform penerbitan seperti Blogger atau metode manajemen konten seperti WordPress.

Wordpress

Sederhananya, WordPress adalah perangkat lunak penerbitan situs web yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web atau blog Anda sendiri. Sejak diluncurkan pada tahun 2003, WordPress telah menjadi salah satu platform penerbitan situs web paling populer. Dan hari ini lebih dari 35% dari semua situs web - dari blog hobi hingga beberapa situs web online paling populer.

WordPress memungkinkan Anda membuat dan mengelola situs web berfitur lengkap Anda sendiri hanya dengan menggunakan browser situs web Anda - tanpa harus mempelajari cara membuat kode. Bahkan, jika Anda pernah menggunakan editor teks seperti Microsoft Word, Anda akan merasa nyaman dengan editor WordPress.

Kelebihan 

  1. Gratis.
  2. Banyak Variasi Plugin.
  3.  Ribuan Tema untuk Kustomisasi.
  4. Easy Update And Perawatan
  5. Multifungsi.
  6. Fleksibilitas. 
  7. Sedure

Kekurangan

  1. Masalah kelajuan.
  2. Keselamatan
  3. Batasan Dalam Pembangunan.
  4. Tema dan warna yang membosankan.
  5. Sokongan.
  6. Kemas kini plugin bermasalah.
Baca Selengkapnya Tentang Wordpress : Alasan Anda Harus Memilih Wordpress

Blogger

Blogger ialah layanan penerbitan blog yang mendapatkan blog multi-pengguna dengan entri yang dikasih cap waktu. Ini dioptimalkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog di-host oleh Google dan biasanya diakses dari subdomain. \\\"blogspot.com\\\". blog juga bisa dilayani dari domain kustom milik pengguna (seperti www.example.com) dengan mengaplikasikan fasilitas DNS untuk menasehati domain ke server Google. Pengguna bisa mempunyai sampai 100 blog per akun.

Mulai 1 Mei 2010, Blogger juga memperbolehkan pengguna untuk mempublikasikan blog ke server hosting website mereka sendiri, lewat FTP. Segala blog hal yang demikian seharusnya dikonversi ke Memakai Subdomain blogspot.com, atau mengalihkan domain mereka sendiri ke server Google lewat DNS.

Kekurangan Blogger : 

  • Fitur Terbatas
  • Kurang Professional
  • Perlu Keahlian Khusus ketika Memodifikasi Tema Website
  • Harus Mengikuti Aturan Google (DMCA)

Kelebihan Blogger

  • Mempunyai komuniti yang besar dan kukuh
  • Sesuai untuk pemula untuk belajar untuk membuat laman web
  • Tidak Perlu Hosting
  • Keselamatan yang lebih terjamin
  • Hanya Memerlukan Akaun Google Yang Aktif
  • Praktikal dan tidak rumit
  • Mempunyai pelbagai ciri yang mudah dipelajari
  • Boleh dijalankan secara percuma
Baca Selengkapnya Tentang Blogger : Beberapa Kelebihan Blogger Dibanding Wordpress

Kesimpulan Dan Penutup

Untuk memaksimalkannya, Anda perlu memahami sebagian teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk menjangkau banyak pengunjung di bermacam-macam daerah. Seperti optimasi SEO Off-page (backlink), SEO On-page (teknik penulisan) dan lain sebagainya. Jangan bosan belajar.