Penjelasan Microsoft IIS Serta Kelebihan Dan Kekuranganya

Dalam postingan ini, kita akan melihat dari dekat IIS (Layanan Informasi Internet). Kita akan melihat apa yang dilakukannya dan bagaimana cara kerjanya. Anda akan belajar cara mengaktifkannya di Windows. Dan setelah kami telah menetapkan dasar dengan mengelola IIS menggunakan GUI, anda akan melihat bagaimana bekerja dengan menggunakan CLI. Mari kita mulai!

Apa ITU Microsoft IIS Web Server ?

Server Web IIS berjalan pada platform Microsoft .NET di Windows. Meskipun dimungkinkan untuk menjalankan IIS di Linux dan Mac dengan Mono, ini tidak disarankan dan mungkin tidak kuat. (Ada opsi lain, yang akan saya sebutkan nanti). Ini serbaguna dan tahan lama dan telah banyak digunakan dalam produksi selama bertahun-tahun. Versi 10 adalah yang terbaru. Setelah instalasi, Anda akan melihat halaman selamat datang ini di browser Anda. 

IIS adalah singkatan dari Internet Infomation Service yang merupakan sebuah komponen untuk mengelola website, Ghoper, File Transfer Protocol atau FTP, dan juga HTTP.

Komponen yang dimiliki IIS ada di sistem operasi Windows NT, Window XP, Windows 2000, Windows 7, serta Windows Server 2003. Salah satu kelebihan IIS dibandingkan dengan Apache Web Server yaitu kemudahan di dalam penggunaannya.


Fungsi IIS

  • IIS sudah mendukung penggunaan FTP, SSL, DNS,dan SMTP.
  • IIS mendukung script untuk pembuatan website, yaitu Active Server Pages (ASP), ASP.NET, Internet Server API (ISAPI), Common Gateway Interface (CGI), Microsoft .NET Framework, Microsoft Visual Basic Scripting (VBScript), JScript, dan beberapa bahasa skrip yang dapat diinstalasikan seperti Perl atau PHP.
  • Dapat dilakukan manage dengan beberapa opsi yaitu dengan Microsoft Management Console, via web browser, atau menggunakan skrip Windows Scripting Host.

Kelebihan IIS

  • IIS mendukung .NET, yang saat ini hanya tersedia untuk IIS.
  • Tersedia fitur bandwidth throttling, fitur ini dimaksudkan untuk mencegah aplikasi menggunakan bandwidth yang terlalu besar.
  • IIS dapat memisahkan sumber daya untuk aplikasi Web yang Anda buat, jadi jika ada situs yang rusak, itu tidak akan memengaruhi situs lain di server.

Kekurangan IIS

  • IIS hanya tersedia di sistem operasi Windows.
  • Penggunaannya membutuhkan sumber daya server yang cukup.
  • Keamanan server khususnya port http/80 masih rentan sehingga sangat rentan terhadap serangan/hacking.

Bagaimana IIS bekerja?

  • Seperti kebanyakan Web server lainnya, IIS digunakan untuk menghubungkan server ke browser menggunakan TCP/IP.
  • Jika browser meminta data pada halaman web server, permintaan browser untuk permintaan data akan dibungkus dalam TCP sebagai protokol transport dan dikirim ke alamat yang merupakan protokol berikutnya, Hyper Text Transfer Protocol (HTTP).