Selenium VS Tosca, Mana Yang Lebih Baik ?

Selenium dan Tosca merupakan dua alat pengujian open-source yang populer. Selenium merupakan alat otomatisasi web sementara Tosca merupakan alat pengujian berbasis contoh. Selenium lebih populer ketimbang tosca, tapi tosca mempunyai sebagian fitur yang menjadikannya alternatif yang lebih baik bagi sebagian pengguna. Tosca merupakan produk komersial, tapi Tricentis menawarkan versi gratis untuk Proyek Sumber Terbuka.

Selenium yakni alat otomatisasi laman yang bisa diaplikasikan untuk mengotomatisasi browser laman. Selenium populer sebab gampang diaplikasikan dan menyokong bermacam variasi browser. Selenium bisa diaplikasikan untuk mengotomatisasi percobaan pada aplikasi laman,tetamu Posting aplikasi mobile, dan situs. Tosca yakni alat pengujian berbasis contoh yang bisa diaplikasikan untuk menguji aplikasi yang didasarkan pada contoh. Tosca lebih kuat dari Selenium, namun juga lebih rumit. Tosca dirancang untuk diaplikasikan oleh pengembang dan penguji yang telah akrab dengan Selenium. Tosca mempunyai sejumlah fitur yang membuatnya lebih kuat ketimbang Selenium, namun juga lebih rumit dan susah diaplikasikan. 



Apa itu Selenium? 

Selenium merupakan alat open-source yang populer untuk mengotomatisasi pengujian aplikasi website. Selenium bisa diterapkan untuk mengotomatisasi pengujian aplikasi website di sebagian browser, cara operasi, dan perangkat. Selenium mensupport berjenis-jenis bahasa pemrograman, menjadikannya alternatif tepat untuk otomatisasi pengujian untuk penguji Selenium. Selenium merupakan kerangka pengujian portabel yang bisa diterapkan untuk menguji aplikasi pada berjenis-jenis platform, termasuk Windows, Mac, Linux, dan Android. Selenium mensupport berjenis-jenis bahasa pemrograman, menjadikannya alternatif tepat untuk otomatisasi pengujian. Selenium merupakan alat yang populer dengan basis pengguna yang besar dan banyak dukungan online. 

Manfaat menggunakan Selenium sebagai alat pengujian otomatisasi : 

1) Selenium adalah alat sumber terbuka yang dapat digunakan untuk mengotomatiskan pengujian aplikasi web. Hal ini dapat digunakan untuk mengotomatisasi tes fungsional dan regresi.

2) Selenium dapat digunakan untuk menguji aplikasi web di berbagai browser. Hal ini dapat digunakan untuk menguji aplikasi web pada sistem operasi yang berbeda.

3) Selenium dapat digunakan untuk menguji aplikasi web yang ditulis dalam bahasa pemrograman yang berbeda. Ini dapat digunakan untuk merekam dan memutar skrip uji.

4) Selenium dapat digunakan untuk menghasilkan laporan dan berintegrasi dengan alat lain seperti Jenkins dan SonarQube.

5) Selenium mudah dipelajari dan digunakan. Juga, Selenium memiliki komunitas pengguna besar yang memberikan dukungan dan bantuan.

Kerugian Selenium sebagai alat otomatisasi uji: 

1. Selenium tidak cocok untuk pengujian unit otomatis: Pengujian Unit otomatis adalah proses pengujian unit secara otomatis terhadap kode sumber untuk memverifikasi bahwa unit kode individual berfungsi seperti yang diharapkan. Selenium tidak dirancang untuk tujuan ini dan tidak cocok untuk itu.

2. Dukungan tidak lengkap untuk teknologi web tertentu: Selenium hanya mendukung sebagian fitur yang ditawarkan oleh browser web modern, dan tidak mendukung beberapa teknologi web yang lebih baru sama sekali. Ini dapat membatasi kegunaannya untuk menguji jenis aplikasi tertentu.

3. Kompatibilitas browser terbatas: Selenium dirancang untuk bekerja dengan sejumlah browser, dan tidak bekerja dengan beberapa versi terbaru dari browser populer. Ini dapat membatasi kegunaannya dalam situasi tertentu.

4. Kurangnya dukungan untuk pengujian paralel: Selenium tidak mendukung pengujian paralel secara native, yang dapat memperlambat proses pengujian.

5. Fleksibilitas terbatas: Selenium adalah alat yang cukup tidak fleksibel, dan mungkin sulit untuk menyesuaikannya dengan situasi tertentu. Hal ini dapat membuatnya kurang ideal untuk beberapa jenis pengujian. 

Apa itu Tricentis Tosca? 

Tricentis Tosca yaitu alat pengujian otomatis yang bisa diterapkan untuk menguji bermacam aplikasi. Ini menawarkan bermacam fitur dan manfaat yang menjadikannya alternatif populer di kalangan penguji. Tricentis tosca mensupport sebagian bahasa, Platform, dan database. Ini juga mempunyai bermacam kasus uji turunan. Tricentis Tosca diketahui sebab kemudahan penerapan dan kurva belajar yang pesat. Tricentis Tosca diterapkan oleh perusahaan pengujian otomatisasi atas untuk mengotomatisasi pelaksanaan pengujian mereka. 

Manfaat menggunakan Tricentis Tosca sebagai alat pengujian otomatisasi :

1. Kemudahan penggunaan: Tosca mudah digunakan, bahkan bagi mereka yang baru mengenal pengujian otomasi. Antarmukanya sederhana dan intuitif, dan kurva belajarnya pendek.

2. Fleksibilitas: Tosca sangat fleksibel, dan dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan organisasi mana pun. Hal ini dapat digunakan untuk mengotomatisasi tes untuk aplikasi web, aplikasi mobile, aplikasi desktop, dan bahkan embedded system.

3. Skalabilitas: Tosca dapat diskalakan, artinya dapat menangani proyek besar dengan mudah. Hal ini juga dapat ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan organisasi kecil.

4. Keandalan: Tosca adalah alat yang sangat andal, dan digunakan oleh beberapa organisasi terbesar di dunia. Ini memiliki rekam jejak yang terbukti memberikan hasil yang akurat.

5. Hemat biaya: Tosca adalah solusi hemat biaya, dan dapat menghemat uang organisasi dalam jangka panjang. Ini juga merupakan alat yang sangat efisien dan dapat membantu mempercepat proses pengujian.

Kerugian Tosca sebagai alat otomatisasi uji: 

1. Kurangnya dukungan: ada kurangnya dukungan untuk Tricentis Tosca, yang dapat menjadi masalah bagi pengguna. Tidak ada tim dukungan khusus, dan perusahaan tidak menawarkan live chat atau dukungan telepon. 

2. Fungsionalitas terbatas: meskipun Tosca memang menawarkan berbagai fitur, Tosca masih terbatas dibandingkan dengan alat pengujian otomatisasi lainnya. Itu tidak menawarkan fitur sebanyak beberapa pesaingnya. 

3. Dokumentasi terbatas: dokumentasi untuk Tosca terbatas, dan mungkin sulit untuk menemukan jawaban atas pertanyaan. Dokumentasi juga tidak selalu up-to-date. 

4. Tidak ada versi gratis: tidak ada versi gratis dari Tosca, yang dapat menjadi masalah bagi mereka pada anggaran yang ketat. 

5. Masalah kompatibilitas: Ada beberapa laporan masalah kompatibilitas dengan Tricentis Tosca. Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa itu tidak kompatibel dengan semua versi Windows. 

Putusan : 

Resumenya, bagus Selenium dan Tosca mempunyai pro dan kontra. Penting untuk menentukan pro dan kontra sebelum memastikan Alat mana yang ideal untuk organisasi Anda. Kalau Anda mencari alat open-source yang kuat yang mempunyai kelompok sosial pengguna yang besar, Selenium yakni opsi yang bagus. Kalau Anda mencari alat komersial dengan dukungan pelanggan yang betul-betul bagus dan manajemen data uji turunan, Tricentis Tosca yakni opsi yang lebih bagus. Beberapa besar perusahaan pengujian otomatisasi terkemuka memilih Tosca akhir-akhir ini.