Beberapa Kelebihan Blogger Dibanding Wordpress

Apakah Anda berencana untuk membuat blog baru? Tidak memikirkan apakah akan menggunakan Wordpress atau Blogger sebagai platform blogging Anda? Baik kami dapat membantu Anda. Wordpress dan Blogger adalah dua platform blogging paling populer di situs ini.Namun, mereka bekerja sangat berbeda dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang unik. Pada artikel ini, kami akan membandingkan Blogger dan WordPress secara berdampingan dan menunjukkan kepada Anda perbedaan yang signifikan. Tujuan kami adalah membantu Anda memutuskan platform mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.


Apa Itu Blogger ?

Blogger didirikan oleh Pyra Labs pada tahun 1999 dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Mulai tahun 2006, semua akun dihosting di server Google, membuat platform ini jauh lebih andal.

Blogger atau Blogspot? Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita selesaikan semua kebingungan seputar Blogger dan BlogSpot. Blogger adalah platform penerbitan gratis sementara BlogSpot adalah penyedia layanan domain gratis.Keduanya dimiliki oleh Google dan dibagikan di platform blogger.

Coba masukkan URL: blogspot.com dan Anda akan berakhir di URL ini: blogger.com

Blogger adalah salah satu platform blogging paling terkenal dan telah digunakan oleh orang-orang sejak dahulu kala. Dengan Blogger, semua orang bisa menulis tentang apa saja, dan mungkin banyak orang yang akan membacanya. Inilah kelebihan dan kekurangan Blogger yang perlu Anda ketahui sebagai platform blogging.

Alasan Anda Menggunakan Blogger

1. Blogger gratis Digunakan

Blogger adalah CMS gratis dengan semua alat dasar. Anda tidak perlu membayar biaya atau langganan apa pun. Anda dapat menggunakannya secara gratis seumur hidup. Hostingnya gratis. Dapatkan penyimpanan cloud gratis sebesar 15 GB dari Google. Ini membuat Blogger lebih menarik bagi blogger baru daripada WordPress.

2. Desain Dan Pembuatan Mudah

Tema default Blogger hadir dengan SEO bawaan. Anda tidak perlu membeli plugin dan layanan SEO yang mahal. Tetapi jika Anda ingin meningkatkan SEO, Anda bebas melakukan perubahan pada HTML tema Anda atau pada posting yang diterbitkan atau tidak dipublikasikan.

3. Beberapa administrator, beberapa penulis, dan kepemilikan dapat dialihkan


Blogspot Jual beli blog sangat mudah. Blogger memungkinkan Anda untuk menambahkan hingga 10 admin dan beberapa penulis ke blog Anda. Oleh karena itu, ini adalah platform yang baik bagi mereka yang ingin bekerja dalam tim. Bantu blogger memecahkan masalah dan memberikan dukungan teknis kepada rekan dan teman jarak jauh.
Sangat mudah untuk mengubah pemilik blog. Siapa pun dapat dengan mudah menjadi administrator dan menghapus diri mereka sendiri dari daftar admin. Pelajari lebih lanjut tentang cara mengubah pemilik blog Blogger Anda.

4. Blogger Safe

WordPress dan CMS lainnya menyediakan berbagai alat berbayar untuk mengamankan situs web atau blog Anda. Namun, blogger memiliki fitur keamanan bawaan mereka sendiri. Tidak ada yang bisa meretas blog Anda. Tetapi untuk WordPress dan platform blogging lainnya, Anda harus membeli paket keamanan seharga ratusan dolar.

5. Tema Dan Template Yang Beragam

Blogger menawarkan banyak tema lokal untuk dipilih. Anda dapat memilih template dan menggunakannya di blog Anda. Blogger juga mendukung tema pihak ketiga. Anda dapat mengubah desain dan tata letak blog Anda. Blogger juga memiliki antarmuka yang lengkap untuk membuat posting, menyesuaikan tema dan tata letak blog, mengelola admin, statistik blog, dan mengelola pendapatan. Alat administratif dan tab anting-anting muncul di layar. Anda dapat dengan cepat beralih ke segmen panel mana pun. Anda juga dapat menemukan lokasi tema blogger gratis dan berbayar terbaru.

6. Mudah Custom Domain

Jika Anda ingin menyiapkan domain kustom Anda sendiri dengan Blogger, mudah untuk menyiapkannya. Mekanisme penyiapannya sederhana, dan halaman bantuan Blogger memiliki banyak teks bantuan. Anda juga dapat menonton video di YouTube. Harap dicatat bahwa
Blogger ditautkan ke domain blogspot.com. Saat Anda membuat blog gratis baru di Blogger, Anda harus menjadi subdomain dari domain "blogspot.com" utama Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memilih nama subdomain sebagai URL untuk blog Anda. Untuk informasi lebih lanjut, baca posting saya tentang membandingkan blogspot gratis di blog dengan domain khusus.

Kelemahan Blogger

1. Domain kustom berbayar

Anda harus ingat bahwa blog gratis di Blogspot sebenarnya adalah subdomain dari domain tersebut. "blogspot.com" itu tidak memberi Anda identitas lengkap dari merek Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu membeli nama domain untuk menerima nama merek Anda sebagai URL Anda.

2. Kurangnya bantuan dan dukungan bagi pengguna

Sisi positifnya, Blogspot memiliki tingkat tutorial dan dukungan pengguna yang rendah. Meskipun ada banyak tulisan bergizi terkait dengan situasi sulit yang mungkin dihadapi konsumen dengan layanan gratis, itu saja tidak cukup. Ada beberapa forum bantuan yang tersedia oleh Google untuk membantu pengguna.
Ada situs web bagus lainnya yang telah menulis banyak tulisan gratis untuk menyelesaikan semua jenis situasi sulit yang dihadapi pengguna dengan layanan Blogspot gratis. Jika Anda berada dalam situasi yang sulit, Anda dapat mencarinya di Google.

3. Anda bukan pemilik blog yang sebenarnya

Meskipun Blogspot memberi Anda akses penuh dan hak administratif, Anda bukan pemilik blog - pemiliknya adalah Google. Anda membuat konten, membuat beberapa perubahan dasar dalam kontrol administrator, menerbitkan dan membagikan posting Anda, tetapi Anda tidak memiliki akses ke database dan sumber daya hosting. Anda memiliki lebih sedikit hak administratif.
Anda hanya menggunakan dasbor. Anda tidak memiliki akses ke direktori root dari ruang hosting Anda.

4. Metode komentar yang tidak efisien

Untuk pembaca blog gratis di Blogspot, ada dua alternatif untuk memasukkan komentar: metode komentar blogger asli dan URL berdasarkan nama. Tidak ada integrasi media sosial. Anda juga dapat berkomentar secara anonim.
Tidak ada pilihan untuk melampirkan file atau multimedia.

5. Lebih sedikit plugin tambahan

Blog gratis di Blogspot menawarkan alternatif yang sangat sempit untuk memilih plugin pihak ketiga tambahan. Wordpress memiliki banyak plugin untuk berbagai tujuan — blogger tidak memilikinya. Pengguna harus mengandalkan plugin yang diperoleh. Kendali penuh dan kemauan untuk seolah-olah gagal dengan blog gratis di Blogspot.

Kesimpulan

 Blogging tingkat lanjut membutuhkan fitur yang tidak dimiliki Blogspot. Oleh karena itu, pemula dapat memanfaatkan sepenuhnya layanan blogspot gratis ini. Saya masih menggunakan blog gratis. Saya menggunakannya untuk membuat tautan balik ke situs web atau blog saya. 
SEO dari blog gratis ini sangat bagus sehingga jika Anda memposting konten berkualitas, itu akan segera diberi peringkat oleh mesin pencari. Blogger kemudian menggunakan platform ini untuk meningkatkan lalu lintas di blog yang dihosting mereka. 
For an advanced user, blogger is not the right place. Professional blogging needs many things that Blogger is unable to provide.