Pengertian Web Server Dan Macam - Macam Jenisnya

Web Server, Dalam bidang ini Apache dan IIS telah menguasai sektor ini sendiri untuk waktu yang lama. Sekarang, bagaimanapun, mereka perlu mengubah beberapa formula agar dapat menyaingi beberapa software baru yang sangat berkualitas, yang paling menonjol adalah Nginx (diucapkan 'engine-x'). software muda ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2002 dan memiliki pengikut yang terus bertambah dan berdedikasi di antara banyak webmaster. Popularitas Nginx terutama berkat menjadi open-source dan memiliki kombinasi yang diinginkan dari kinerja tinggi dan konsumsi sumber daya yang rendah. Penting untuk diperhatikan bahwa Nginx paling sering dibandingkan dengan Apache karena filosofi open-sourcenya yang serupa.

Logo Web Server


Apa Itu Web Server ?

Terminologi "Web Server" dapat berlaku untuk perangkat keras atau perangkat lunak, atau keduanya.

Server web site adalah mesin yang menyimpan perangkat lunak server dan juga arsip komponen web web site (Misalnya, dokumen Html, lembar gaya Css, gambar, dan arsip Javascript). Server situs mengakses ke internet dan terlalu mungkin pertukaran information fisik bersama dengan perangkat lain yang mengakses ke website. Ini juga mencakup segudang komponen perangkat lunak yang mengatur bagaimana pengguna situs terhubung konten yang dihosting. Ini, setidaknya, server Http/Https.

Tentang Web Server

Tugas primer server website adalah menampilkan konten web website. Terkecuali server web site bukan terbuka untuk generik dan digunakan secara internal, maka tersebut disebut Server Intranet. Ketika seseorang meminta web site website bersama dengan mengimbuhkan URL atau alamat situs di bilah alamat browser web site (Layaknya Chrome atau Firefox) (Layaknya www.economictimes.com), browser mengirimkan permintaan ke Internet untuk menyaksikan halaman website yang disesuaikan untuk alamat tersebut. Server Sebutan Domain (Dns) mengubah URL ini jadi alamat IP (Misalnya 192.168.216.345), yang terhadap gilirannya menunjuk ke Server Situs.

Server situs diminta untuk menyajikan web site Situs Konten ke browser pengguna. Seluruh website website di Internet punyai pengenal unik di dalam hal alamat Ip. Alamat Protokol Internet ini digunakan untuk berkomunikasi antara server yang berbeda di Internet. Kala ini, Server Apache adalah server website paling generik yang ada di pasar. Apache adalah perangkat lunak open source yang mengatasi hampir 70 % berasal dari seluruh web web site yang ada waktu ini. Lebih dari satu besar pelaksanaan berbasis website kenakan Apache sebagai lingkungan server situs default mereka. Server situs lain yang umumnya ada adalah Internet Knowledge Service (Iis). IIS dimiliki oleh Microsoft.

Cara kerja Web Server

Terhadap dasarnya tugas situs server adalah mengatur semua komunikasi yang berlangsung antara browser bersama server untuk memproses sebuah web. Ketika browser ‘mengambil’ halaman suatu web site disesuaikan yang dikehendaki pengguna, maka browserpun mengirim permintaan ke server tujuan. Dan proses permintaan itu dilayani oleh situs server. Situs server juga laksanakan pengecekan terlebih dahulu tentang keamanan web yang dimaksud. Apabila berasal dari segi keamanan web site itu dinilai kondusif dan tepercaya, maka Http&Nbsp;Request&Nbsp;Diproses bersama perlindungan Httpserver, yang merupakan perangkat lunak yang bermanfaat jalankan penerjemahan alamat web site situs (url) dan protokol yang dipakai browser guna menampilkan halaman sebuah web (htpp). Website server akan mengirim Http Response ;Itu ke browser sekaligus memprosesnya jadi suatu halaman website situs.

Macam Macam Web Server :

Apache

Apache HTTP server adalah pelaksanaan server website open source yang dikelola oleh Apache Software Foundation. Perangkat lunak server didistribusikan secara bebas, dan lisensi open source vital pengguna sanggup mengedit kode yang mendasarinya untuk mengubah kinerja dan berkontribusi terhadap pengembangan program di jaman depan. Pemberian, pemugaran dan pengembangan ditangani oleh komunitas pengguna setia dan dikoordinasikan oleh Apache Software Foundation.

Walaupun Apache akan terjadi di seluruh platform operasi primer (Linux, Windows, Unix, Osx, Netware), Apache paling kerap digunakan didalam kombinasi bersama dengan Linux. Keduanya, dikombinasikan bersama dengan Database Mysql dan bahasa skrip Php, terdiri berasal dari solusi server situs LAMP yang populer.

Selengkapnya :  Pengertian Apache Serta Kelebihan Dan Kekuranganya

Nginx

NGINX adalah perangkat lunak server situs open source yang digunakan sebagai pengganti drop-in untuk Apache dan berfokus terhadap kinerja tinggi, skalabilitas, ketersediaan tinggi. Ini berusaha untuk memperbaiki kinerja Apache bersama dengan memanfaatkan kelemahannya. NGINX mengelola sebagian permintaan secara seiring bersama dengan sumber kekuatan perangkat keras minimum, sediakan pemakaian RAM rendah bersama dengan kompatibilitas tinggi.

Selengkapnya : Apa Itu NGINX ? Ini Dia Kelebihan Dan Kekuranganya

IIS (Internet Information Services) Web Server

Internet Data Service (Iss) adalah website server hasil garapan Microsoft yang terintegrasi di di dalam platform operasi Windows.

Meskipun tidak cukup populer, IIS udah berkembang dan berevolusi secara masif semenjak pertama kali diperkenalkan hampir dua dasa warsa silam.

Kelemahan awal berasal dari web site server ini terletak terhadap segi keamanan, tapi didalam versi terbaru beraneka persoalan kritikal tampaknya udah dapat dihilangkan untuk menarik lebih segudang pengguna.

Selengkapnya : Penjelasan Microsoft IIS Serta Kelebihan Dan Kekuranganya

Litespeed

Litespeed adalah web server yang bisa dikatakan sebagai pusat kontrol website yang  memiliki performa terbaik. Terbukti dengan banyaknya penyedia web hosting yang menggunakan Litespeed sebagai apps web server mereka. Bahkan berdasarkan sebuah riset, Litespeed memiliki banyak kelebihan diantaranya berupa kecepatan proses yang 50% lebih cepat dalam memproses PHP dan 6x lebih cepat dibandingkan Apache. Keunggulan Litespeed:

Selengkapnya :  LiteSpeed WebServer Keunggulan Dan Kekuranganya

Manakah Yang Lebih Cepat ?

Tentunya, Semua Produk Web Server yang ada memiliki kelebihan dan kekurangan, dan untuk pengujian dan pembuktian tidak bisa hanya dilihat dalam satu aspek, mungkin ada 1 jenis produk unggul di segi a, dan b kurang, namun di produk 2 unggul di segi b dan kurang dalam segi a, untuk perbandingan bisa kalian baca selengkapnya di :

Kesimpulan :

Web server adalah software yang memberikan layanan data yang mempunyai fungsi untuk menerima permintaan HTTP(HyperText Transfer Protocol) atau HTTPS yang dikirim oleh klien melalui web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML(HyperText Markup Language).