Pengertian Apache Serta Kelebihan Dan Kekuranganya

Apache adalah salah satu contoh server web yang paling banyak digunakan di Internet saat ini. Walaupun Apache sering disebut server, hadir dalam bentuk software atau sering disebut software server, software ini menggantikan fungsi server yang sebenarnya. Fungsinya untuk menjalin koneksi antara server dan browser (chrome, opera, safari) pengunjung situs saat mengirim file bolak-balik (antar server pengguna). Server ini merupakan software atau sistem operasi untuk berbagai sistem operasi, sehingga server ini dapat bekerja dengan baik pada server Windows dan Unix. Popularitas program, yang awalnya dirancang untuk lingkungan sistem operasi UNIX, cukup untuk memungkinkan berkat berbagai program dukungan yang tersedia untuk pengguna. 

Logo Apache Web Server

Pengertian Apache

Apache adalah produk server web yang bertanggung jawab untuk menanggapi permintaan HTTP dan mencatat informasi rinci. Selain itu, Apache juga didefinisikan sebagai server web yang kompak, modular, mengikuti standar protokol HTTP, dan tentu saja sangat populer.

Perangkat lunak server web yang dikembangkan dan dikelola oleh organisasi nirlaba bernama Apache Software Foundation memungkinkan pemilik situs web untuk mengelola situs web sehingga semuanya lancar.

Caranya adalah dengan bertindak sebagai perantara antara server dan klien. Server web memproses file dalam berbagai bahasa pemrograman, seperti Java, PHP, Python, dan lainnya.

Perangkat lunak ini pada dasarnya menerima permintaan untuk mengakses situs web dan melakukan pemeriksaan keamanan permintaan HTTP dan kemudian mentransfer Anda ke situs web yang dimaksud. Namun, halaman yang ingin Anda kunjungi mungkin memerlukan server untuk menjalankan beberapa modul tambahan saat membuat dokumen, tergantung pada halaman yang Anda akses.

Apa Kelebihan Apache?

Sekarang setelah kita mengetahui apa itu Apache dan cara kerjanya, sekarang mari kita jelajahi beberapa manfaat dari platform server web.

  • Sumber Terbuka dan gratis

Apache adalah perangkat lunak sumber terbuka. Ini berarti Anda memiliki kebebasan dan fleksibilitas untuk mengubah, mengadaptasi, atau meningkatkan kode sumber sesuai keinginan Anda. Dan kabar baiknya adalah, Anda dapat menggunakannya secara gratis tanpa lisensi.

  • kesesuaian

Apache kompatibel dengan sejumlah sistem operasi, seperti Windows, Linux, Solaris, macOS, dan lainnya. Sistem Manajemen Konten (CMS). Baik itu WordPress, Joomla atau bahkan Drupal, semuanya bekerja dengan baik di server web ini.

  • Mudah digunakan

Belum lagi Apache juga menawarkan proses instalasi dan konfigurasi yang cepat, jadi menggunakannya tidak akan menjadi masalah bagi Anda. Dan jika nanti Anda memerlukan bantuan teknis, perangkat lunak ini juga menyediakan halaman FAQ, dokumentasi, dan komunitas aktif yang selalu dapat Anda andalkan.

  • secara rahasia

Apache dikenal dengan ketangguhannya yang mengesankan. Dan yang mengejutkan, situs web ini terus-menerus memelihara dan meningkatkan kinerja komunitas sehingga memiliki keandalan yang tinggi. Selain itu, Apache juga menyediakan fitur-fitur canggih seperti kompresi gzip, konfigurasi .htaccess, dan koneksi FTP.


Apa Kekurangan Apache?

Nah sebelum Anda menentukan apakah Apache adalah opsi yang tepat bagi Anda, ketahui dulu beberapa kekurangannya berikut ini.  

  • Keamanan

Kemudahan untuk memodifikasi konfigurasi di satu sisi malah rawan menyebabkan munculnya ancaman keamanan, bugs, maupun errors. Pada akhirnya, Anda harus mengorbankan waktu dan sumber daya yang lebih untuk mengatasi kendala tersebut.


  • Efisiensi 

Karena ketidakmampuannya untuk memproses banyak request secara bersamaan, Apache cenderung memiliki performa yang lebih lambat—terutama bagi website yang mempunyai traffic tinggi. Di samping itu, Apache juga dinilai kurang efisien dalam memuat konten statis jika dibandingkan dengan Nginx maupun LiteSpeed.


Kesimpulan

Apache adalah soff Serv website open-source yang memberi Kamu kemudahan untuk menjalankan web website. Punyai modul sampai konfigurasi F terlalu mungkin Kamu untuk mengimbuhkan fungsionalitas dan juga mengatur konfigurasi untuk isi hati Kamu. Plus, SOF ini didukung oleh Pusat pertolongan berkualitas yang bisa diandalkan tiap tiap pas ketika menghadapi halangan tehnis. 


Namun apakah Apache pilihan yang tepat untuk kamu? Selalu menyimak lebih dari satu poin berarti layaknya tinggi atau kurangnya lalu lintas website Kamu, untuk pertimbangan berkenaan model halaman web situs Kamu apakah tersebut tidak aktif atau bergerak maju.


Jikalau Kamu dambakan akses penuh dan lebih tak terhitung kebebasan untuk mengelola Serv, maka dedicated server berasal dari Golden f network adalah pilihan yang tepat. Atau, Kamu juga sanggup mengambil laba berasal dari CCC Serv supaya Serv Kamu sanggup dipantau dan dipelihara bersama baik.