Panduan Memilih Laptop: Spesifikasi Apa yang Saya Butuhkan?

Laptop yakni komputer portabel yang lebih efisien dan hampir sama kuatnya dengan komputer desktop. Meski portabel menjalankan kekuatan AC atau baterai seperti NiMH, NiCad, atau paket Li-ion, selama sebagian jam.

Seperti yang dibeberkan pada gambar, notebook Dell Latitude D610 mempunyai segala yang dibutuhkan untuk operasi normal. Ini mempunyai layar LCD, keyboard, dan touchpad.  notebook mungkin mempunyai sebagian perangkat eksternal dan kabel yang terhubung, tidak ada koneksi eksternal yang dibutuhkan untuk pengaplikasian standar.

Pastikan Anda mempunyai setidaknya 8GB RAM

Ingatan jalan masuk acak lebih penting ketimbang yang Anda kaprah. Ini merupakan daerah di mana aplikasi dan program dikerjakan. Kian banyak RAM yang anda miliki, kian bagus. Di zaman kita kini, direkomendasikan untuk memasang setidaknya 8GB RAM di komputer jinjing anda.

Apa malahan yang kurang dari itu akan membikin multitasking menjadi susah, malah bila Anda merupakan pengguna komputer jinjing awam. RAM 8GB umumnya cukup untuk membuka sebagian tab browser, memperdengarkan musik, mungkin melakukan game di latar belakang, dsb.

Sekiranya anggaran Anda lebih tinggi, Anda mesti menerapkan RAM 12GB atau 16GB. Ini sungguh-sungguh tepat bila Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer Anda dan Anda melakukan aplikasi/game yang rumit. Cari tahu apakah RAM komputer jinjing anda juga bisa diperluas. Amat menyenangkan mempunyai slot free di mana Anda bisa menambahkan 8 GB RAM lagi di masa akan datang bila perlu.

Sekiranya Anda menonton banyak film, Pilih Layar yang lebih besar

Anda bisa menjalankan banyak hal di komputer jinjing akhir-akhir ini seperti bermain game, berprofesi, merender file video, menonton film, dsb. Sekiranya Netflix merupakan teman Anda dan Anda menyukai menghabiskan banyak waktu menonton film, pastikan Anda menerima komputer jinjing dengan ukuran layar minimal 15,6 inci.

Ini merupakan ukuran standar untuk beberapa besar komputer jinjing yang dirancang untuk film dan game. Sekiranya Anda mengharapkan real estat yang lebih visual, pakai komputer jinjing dengan layar 17,3 inci. Ini mungkin ukuran layar terbesar yang bisa Anda pakai di komputer jinjing dan menawarkan pengalaman menonton yang imersif.

Di sisi lain, bila Anda tak jarang bepergian dan membawa komputer jinjing, direkomendasikan untuk menerapkan layar yang lebih kecil. Apa malahan di bawah 14 inci direkomendasikan bagi mereka yang mengharapkan komputer jinjing portabel. Tak cuma itu komputer jinjing Anda akan lebih ringan, melainkan juga akan sesuai hampir segala ransel dan kasus dengan gampang.

Pilih resolusi FULL HD

Ukuran layar dan resolusi layar adalah dua hal yang berbeda. Yang pertama mengacu pada ukuran fisik layar. Yang kedua mengacu pada jumlah piksel yang dimiliki layar Anda. Semakin banyak piksel, semakin jelas gambarnya. 

Ada beberapa resolusi standar Anda dapat pergi untuk ketika datang ke layar laptop. Yang paling populer adalah HD (1280 x 720 piksel), full HD (1920 x 1080 piksel) dan 4K (3840 x 2160 piksel). Idealnya, Anda harus memilih resolusi FULL HD jika anggaran Anda memungkinkan.

Layar full HD mampu menampilkan gambar yang lebih tajam, lebih jelas, dan warna yang lebih menarik. Pengalaman menonton Anda akan dibawa ke tingkat berikutnya dan Anda akan melihat perbedaan besar ketika Anda bermain game juga.

Jika anggaran Anda memungkinkan, ada baiknya juga menggunakan layar 4K, tetapi perlu diingat bahwa ini akan dengan cepat menghabiskan masa pakai baterai. Jika Anda pengguna biasa dan tidak terlalu peduli dengan resolusi tampilan, Anda juga bisa melakukannya dengan baik dengan layar HD. Hanya saja Anda tidak akan mendapatkan gambar yang paling jelas dan paling jelas.

Pakai SSD kalau Anda mengharapkan waktu Booting yang kencang

SSD merupakan singkatan dari solid-state drive. Ini menyediakan sistem yang lebih bagus dan lebih bisa dipercaya untuk menaruh data diperbandingkan dengan HDD klasik. Beberapa besar komputer jinjing modern hadir dengan konfigurasi SSD dan ini memberikan banyak profit.

Pertama-tama, SSD betul-betul kencang. Anda akan bisa merasakan kecepatan transfer data yang lebih kencang dan metode operasi Anda akan memuat lebih kencang juga. Game berjalan lebih lancar dikala diinstal pada SSD dan semacam itu juga program dan aplikasi perangkat lunak lainnya. Kelemahannya merupakan SSD lebih mahal.

Apabila Anda tak berencana memasang game besar di komputer jinjing Anda, Anda mungkin mau mengaplikasikan konfigurasi dengan SSD 128GB atau 256GB. Ini memungkinkan Anda untuk merasakan pengalaman komputer yang lebih lancar dan lebih kencang tanpa menghabiskan terlalu banyak uang.

Di sisi lain, kalau Anda berencana untuk menaruh file besar di komputer jinjing anda, pakai kombinasi SSD + HDD. instal metode operasi pada SSD untuk menerima kecepatan pemuatan yang lebih kencang. Tinggalkan HDD untuk game besar, film, dan koleksi musik.

I3 bagus untuk keperluan dasar, i5 dan lebih tinggi untuk pengguna tingkat lanjut

Mari kita bicara perihal salah satu bagian terutamanya komputer jinjing anda – CPU atau unit pemrosesan Sentra. Ini merupakan otak yang membikin komputer Anda berdenyut dan menempatkan seluruh bagian lain untuk berprofesi. Apabila Anda mempunyai CPU berkinerja tinggi, kemungkinan komputer jinjing Anda akan konsisten bisa diaplikasikan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Beberapa besar komputer jinjing dilengkapi dengan prosesor Intel sebab ini merupakan yang paling canggih. Anda juga dapat mengaplikasikan prosesor Ryzen dari AMD. kalau Anda santai mengaplikasikan komputer jinjing Anda dan tak perlu terlalu banyak daya pemrosesan, prosesor Intel i3 mesti menjalankan trik untuk anda.

Konfigurasi ini umumnya cukup kuat untuk memungkinkan multitasking ringan, penjelajahan dunia maya, dan memutar video pada resolusi full HD. Tapi, kalau Anda mau memainkan game terupdate atau merender file video besar, Anda membutuhkan setidaknya prosesor i5.

Perlu diingat bahwa prosesor i5 atau i7 dirancang untuk pengguna berat. Apabila Anda berencana untuk memproduksi musik dengan komputer jinjing Anda, mengedit foto besar, atau memainkan game terupdate, ini merupakan prosesor yang mesti anda cari. Bersiaplah untuk juga mengambil lebih banyak uang dari saku Anda.

Idealnya, pilih prosesor yang mempunyai setidaknya 2 core. Sebagian dari mereka mempunyai 4 atau malah 8 core dan ini merupakan hal yang bagus dalam hal daya kerja. Mempunyai lebih banyak core berarti komputer Anda kapabel menjalankan lebih banyak profesi dan menangani multitasking dengan gampang.

Kartu Video Semestinya Mencerminkan Budaya Kecuali Harian Anda

Beberapa prosesor dan RAM, ada juga kartu video. Ini merupakan bagian yang dirancang khusus yang menangani gambar, kartun, video, dan apa malah yang berhubungan dengan visual. Beberapa besar komputer jinjing dilengkapi dengan kartu video terintegrasi, namun kalau Anda mau memainkan game terupdate, Anda membutuhkan yang khusus.

Sekiranya, cobalah untuk mengaplikasikan setidaknya 2GB RAM video. Ini berarti komputer jinjing Anda akan mempunyai 2 GB RAM tambahan cuma untuk menangani gambar dan kartun. Gamer yang rajin umumnya mengaplikasikan sekitar 4GB RAM video dan ini memungkinkan Anda untuk memainkan beberapa besar game dengan detil yang ditentukan pada \\\"Ultra\\\".

Apabila Anda secara rutin mengedit foto atau membikin video dalam program perangkat lunak khusus, Anda membutuhkan kartu video yang lebih bagus juga. Itulah kenapa Anda mesti menganalisa adat istiadat komputer Anda dan mengamati apa yang terbaik untuk Anda – kartu video terintegrasi standar untuk pengguna awam atau yang berkinerja tinggi untuk gamer dan videografer.

Pergi untuk Keyboard Backlit sebab kenapa tak?

 Salah satu fitur paling menarik dari komputer jinjing modern merupakan mempunyai keyboard dengan lampu latar. Beberapa beberapa besar contoh dasar tak mempunyai fitur ini, ini dapat betul-betul praktis dan sesuai menghabiskan lebih banyak uang untuk mendapatkannya.

Keyboard dengan lampu latar memungkinkan Anda mengetik dengan gampang dalam gelap. Anda tak perlu sumber sinar tambahan, cuma layar Anda, dan keyboard. Beberapa besar contoh dilengkapi dengan lampu latar standar, namun sebagian komputer jinjing gaming memungkinkan Anda mengonfigurasi keyboard RGB.

Ini berarti Anda bisa memutuskan warna apa malah yang Anda inginkan dan malah mengontrol warna tertentu untuk bermacam golongan kunci. Sedangkan Anda akan menonjol jauh lebih menarik dan pengalaman bermain game Anda akan dibawa ke tingkatan selanjutnya.

Beberapa Anda bisa melaksanakannya dengan bagus tanpa keyboard dengan lampu latar, kenapa Anda tak mempunyai fitur keren ini? Notebook menambahkan kepribadian untuk komputer jinjing Anda dan bisa meningkatkan produktivitas Anda. Bersiaplah untuk menghabiskan sedikit lebih banyak uang untuk komputer jinjing dengan keyboard dengan lampu latar, namun kemungkinan besar Anda tak akan menyesali keputusan ini.

Silakan dan peroleh konfigurasi Sedangkan yang total untuk keperluan anda!

Berdasarkan sesudah Anda menuntaskan kursus kencang perihal konfigurasi komputer jinjing dan spesifikasi dasar, inilah saatnya untuk menemukan mesin tepat Anda. Pergi online dan mengamati sebagian tipe komputer jinjing dengan konfigurasi yang berbeda. Ini akan menolong Anda mempersempit daftar Anda dan menemukan keseimbangan antara harga, daya kerja, dan portabilitas.

Sebagai tip, tuliskan prioritas Anda. Apakah Anda mengaplikasikan komputer jinjing Anda terutamanya untuk bermain game? Apakah Anda seorang penulis atau videografer? Apakah anda lebih menyenangi menonton film dan video online?  preferensi Anda, Anda akibatnya akan datang dengan keputusan yang pas.

Dan jangan lupa untuk memeriksa tulisan lain di website situs kami untuk mempelajari lebih lanjut perihal komputer jinjing, game, dan teknologi secara awam.


sumber : https://www.articlecity.com/blog/laptop-configuration-guide-what-spec-do-i-need/