Beberapa Fungsi Google Drive Selain Untuk Simpan File

Google adalah perusahan raksasa dunia, dimana saya sendiri berfikir dan menganalogikan internet itu adalah google, aplikasi search engine nomer 1 di dunia, dimana kita dapat mendapatkan apa yang kita mau, khususnya apa yang ingin kita tahu. untuk pengguna android, tanpa google layanan, kita bisa apa ? semua aplikasi disediakan di google playstore.


Tidak Cuma 1 layanan yang diberikan google, salah satunya Google Drive dimana merupakan layanan berbagi file yang dimiliki oleh Google, dan google drive memungkinkan anda menyimpan file hingga 15GB dengan hanya membuat akun gmail, Anda sudah dapat mengakses fitur Google Drive.

Pasti Kamu sudah tahu gmail kan ? , tapi hari ini kami tidak membahas gmail, tetapi aplikasi yang sangat berhubungan dengan gmail, yaitu google drive, dimana sama - sama disediakan oleh google. semua aplikasi yang ada dalam google, biasanya sudah terintegrasi dan tersinkron secara otomatis dengan layanan lainya, seperti google meet, google drive, google keep, dan lain - lain.

Fungsi Google Drive Selain Simpan file

Membagikan dokumen dan file Kesiapapun.

Menggunakan google drive sebagai cloud storage, kitab isa membagikan semua file yang kita simpan dapat diakses oleh orang yang kita ingin bagikan. Jadi kita bisa mengundang orang untuk menggunakan dan mengakses file kita, entah melalui email gmail ataupun dengan mengirim link share.

Mengedit File.

Dalam pengeditan file seperti WORD, EXCEL, PPT. kita dapat menggunakan layanan google, google sendiri menyediakannya, yaitu ada google doc, Google sheet, Google Slide, Dan ada lagi yang lain.

Selain Menggunakan pc, Google apps ini dapat digunakan melalui ponsel, oh iya ada fitur auto save dalam hal ini. Dikarenakan system cloud/awan, apapun pengeeditan yang ad aitu semua akan tersimpan otomatis, bahkan kitab isa melihat Riwayat pengeditan yang ada.


Backup chat Whatsapp

Guna Google drive sebagai backup whatsapp. Pihak whatsapp sendiri secara resmi memberikan fitur bawaan tentang integrasi google drive dalam backup dan restore dalam whatsapp ini. Semua media, Riwayat chat dapat tersimpan dalam layanan cloud google drive ini. Langkah untuk membuat backup ini cukup mudah. Dapat dilakukan dengan ketuk menu, lalu klik setelan, kemudian pilih chat, dan pilih cadangkan chat.

Selain itu, kita juga dapat mengatur jadwal backup secara otomatis, dengan mengatur jadwal yang telah ada, tentunya fitur ini juga disediakan secara resmi oleh whatsapp. Tetapi Sejauh yang saya tahu, untuk beberapa jenis whatsapp mod tidak dapat menggunakan fitur ini.

Catatan Di google keep.

Pertama, saya akan membahas google keep. Pastinya dalam ponsel kalian, terdapat aplikasi catatan/notes, tetapi google menyediakan aplikasi sejenis tersebut tentunya dengan memiliki kelebihan dong, jadi tujuan dan fungsi adanya google keep ini, semua dapat terintegrasi, kalian dapat membuat catatan, kalian dapat mengakses catatan tersebut entah dari handphone, maupun dari pc.